Instrument loop diagram merupakan diagram yang merepresentasikan informasi terkait lup instrumentasi, yang mencakup semua sambungan elektrikal dan perpipaan [1]. Instrument loop diagram atau yang disingkat dengan ILD sendiri memiliki standar yang diatur dalam ANSI/ISA-S5.4-1991. Berikut fungsi dari ILD pada berbagai tahap engineering [1]:

  1. Desain
    ILD membantu mengilustrasikan filosofi kontrol; mengonfirmasi kelengkapan data yang dikirim; sebagai perpanjangan dari P&ID yang menunjukkan komponen dan aksesoris dari lup instrumen, sambungan antar perangkat, dan identifikasi tindakan alat; menyediakan spesifikasi perangkat keras instrumen; serta sebagai sarana komunikasi kebutuhan dengan vendor.
  2. Konstruksi
    ILD berfungsi sebagai diagram interkoneksi panel instrumentasi, menyediakan informasi referensi instalasi instrumen dan persyaratan khusus, membantu dalam pengecekan lup instrumentasi, inspeksi dan dokumentasi.
  3. Start-up
    ILD membantu saat commissioning dan kalibrasi sebelum start-up.
  4. Operasi
    ILD bertindak sebagai media komunikasi antara personil operasi, pemeliharaan, dan engineering.
  5. Pemeliharaan
    ILD membantu saat troubleshooting, kalibrasi rutin, serta pemeliharaan preventif dan korektif.
  6. Modifikasi
    ILD membantu saat dilakukan penyusunan ulang, rekonstruksi, dan peningkatan instrumen.

Sebagai contoh ILD, misal terdapat siatu sistem kontrol tekanan instrument air receiver, TN-01, dengan P&ID seperti pada Gambar 1. Anggap kontrol tekanan instrument air receiver dilakukan oleh DCS dan tersambung melalui suatu field panel. ILD kontrol tekanan instrument air receiver dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 1. P&ID Instrument Air Receiver TN-01 [2].

Gambar 2. Instrument Loop Diagram Kontrol Tekanan TN-01 [3].

ILD harus mengandung beberapa informasi tertentu, berikut beberapa informasi yang umumnya terkandung dalam ILD dengan Gambar 2 sebagai contoh:

  1. Komponen lup yang ditampilkan pada P&ID.
    ILD mencantumkan komponen dari P&ID ke dalam lup, seperti transmitter tekanan diferensial, anti-surge controller, dll. disertai kode masing-masing komponen.
  2. Keterangan komponen.
    ILD memiliki tabel untuk memberi keterangan nama dan kode (tag) komponen, rentang input dan output, serta pemanufaktur perangkat dan modelnya. Untuk informasi tambahan terkait komponen, terdapat juga kolom notes pada ILD. Terdapat pula tanda berupa panah yang mengarah ke atas atau ke bawah disamping keterangan rentang kalibrasi perangkat pada gambar yang merupakan penanda tipe aksi perangkat. Tanda panah ke atas menandakan instrumen dengan tipe direct-acting (sinyal output perangkat meningkat seiring meningkatnya input), dan tanda panah ke bawah menandakan instrumen dengan tipe reverse-acting (sinyal output menurun seiring meningkatnya input) [3].
  3. Deskripsi dari fungsi loop pada judul.
    Dapat diketahui bahwa ILD berisi lup kontrol tekanan untuk komponen instrument air receiver.
  4. Interkoneksi point-to-point.
    Pada ILD Gambar 2, diketahui bahwa interkoneksi komponen PT-01, PIC-01, dan PY-01 berupa kabel listrik 2 jalur (hitam dan putih) dan interkoneksi PY-01 dengan PV-01 berupa pipa pneumatik. Interkoneksi komponen PT-01 ke PIC-01 dan PIC-01 ke PY-01 melalui field panel.
  5. Lokasi umum perangkat.
    Perangkat dikelompokkan dalam kolom gambar berdasar lokasi masing-masing, yaitu di field process area, field panel, atau DCS cabinet.
  6. Sumber daya perangkat.
    Dalam ILD Gambar 2 didapatkan informasi bahwa PY-01 didayai oleh sumber tekanan pneumatik sebesar 20 psi.
  7. Garis proses.
    Peralatan cukup untuk menggambarkan sisi proses dari lup yang melakukan pengukuran tekanan dengan pressure transmitter dan mengontrol tekanan tangki TN-01 dengan pressure valve.
  8. Nama perevisi dan tanggal.

(Oleh: Abdillah Hanif, Muhammad Rizqiansyah, & Raden Raditya Dwinandana)

Referensi

[1]. Instrument Society of  America. (1991). Instrument Loop Diagrams (ANSI/ISA-S5.4-1991). https://www.isa.org/products/isa-5-4-1991-instrument-loop-diagrams
[2]. Mohan Mao, Jagan. (2020, September 6). How-to Create Instrument Loop Diagram (ILD)? Instrumentation Tools. https://instrumentationtools.com/instrument-loop-diagram/
[3]. Loop Diagrams (Loop Sheet). Control Automation. https://control.com/textbook/instrumentation-documents/loop-diagrams/